portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya
Berita  

Penghargaan Internasional Diterima oleh Kampung Akuarium, Karya Anies Baswedan

Warga Jakarta menyambut kedatangan Anies Baswedan sebagai gubernur DKI di Balai Kota pada Senin (16/10/2017). Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA – Hasil karya Anies Baswedan kembali meraih penghargaan internasional. Kali ini, Kampung Akuarium mendapatkan penghargaan Innovation Awards 2023 dari Asia Pacific Housing Forum (APHF).

Kampung vertikal ini diumumkan sebagai pemenang kategori Dampak Perumahan Masyarakat Sipil dalam acara penganugerahan yang diadakan di Suwon, Korea Selatan, pada tanggal 26-27 Oktober.

Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pipin Sopian mengapresiasi penghargaan internasional yang diterima oleh Kampung Akuarium sebagai salah satu warisan Anies Baswedan.

Menurutnya, Kampung Akuarium merupakan bukti bahwa Anies adalah pemimpin yang peduli dan tegas dalam hal keadilan. Kebijakan yang diambil oleh Anies memberikan rasa keadilan bagi warga.

“Pak Anies mengembalikan warga yang tergusur dengan membangun Kampung Akuarium yang sekarang mendapatkan penghargaan internasional. Ini membuktikan bahwa Pak Anies adalah pemimpin yang peduli dan membawa keadilan bagi warganya,” ujar Pipin pada Jumat (27/10).

Pada tahun 2016, Kampung Susun Bahari Akuarium digusur oleh Pemprov DKI Jakarta di era Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Kemudian, saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies mengembalikan warga yang tergusur dan bersama dengan warga dan Rujak Center, membangun Kampung Akuarium.

Melalui advokasi, pengorganisiran, dan taktik lainnya, warga bersama Rujak Center for Urban Studies, Jaringan Rakyat Miskin Kota Jakarta, dan Konsorsium Masyarakat Miskin Kota berhasil mendorong pembangunan kembali permukiman tersebut.

Kampung Akuarium meraih penghargaan bergengsi, Innovation Awards 2023 dari APHF.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News.

Sumber: jpnn.com

Exit mobile version