portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya

Survei LSJ: Prabowo-Gibran Unggul

Survei LSJ: Prabowo-Gibran Unggul

Pemilihan Presiden 2024 mendekat, dan perhatian publik tertuju pada beberapa pasangan calon yang akan bertarung. Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis hasil riset terbaru yang menunjukkan bahwa pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengungguli rival mereka.

Menurut riset, jika pemilihan diselenggarakan hari ini, 52,8% responden akan memilih Prabowo-Gibran sementara 40,1% lainnya akan memilih pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Namun, saat dihadapkan dengan pasangan Anies Baswedan-Cak Imin, pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan 59,6% suara.

Direktur Riset LSJ, Fetra Ardianto, pada Selasa (31/10/2023) menjelaskan, “Ketika kami mencoba membuat simulasi Pilpres putaran kedua, mayoritas responden menunjukkan pilihan mereka pada pasangan Prabowo-Gibran. Hal ini menunjukkan sebuah kepercayaan yang kuat dari publik terhadap kedua tokoh tersebut.”

Riset ini sendiri melibatkan 1.200 responden dari 38 provinsi di Indonesia. Populasi survei mencakup seluruh penduduk Indonesia berusia 17 tahun ke atas. Diselenggarakan dari 18 hingga 26 Oktober 2023, riset ini memberikan gambaran pandangan masyarakat jelang pemilihan presiden mendatang.

Kesimpulan lain yang menarik dari riset LSJ adalah keunggulan Prabowo-Gibran di kalangan generasi muda. “Generasi milenial dan gen-Z tampaknya menunjukkan kecenderungan untuk memilih Prabowo-Gibran, menilai kombinasi keduanya sebagai yang paling ideal,” ujar Fetra.

Survei LSJ selalu menjadi acuan dalam analisis politik, khususnya menjelang momen-momen krusial pemilihan. Seiring berjalannya waktu, dinamika politik tentunya akan terus berubah, namun untuk saat ini, Prabowo-Gibran tampaknya menjadi favorit publik. (SENOPATI)