portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya

Luhut Keluar dari Puncak Gunung untuk Berbicara Tentang Politik: Jangan Cepat Menghakimi Orang Lain

Luhut Keluar dari Puncak Gunung untuk Berbicara Tentang Politik: Jangan Cepat Menghakimi Orang Lain

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberikan komentarnya mengenai perkembangan politik di Indonesia belakangan ini. Komentar Luhut itu diunggah melalui video dalam akun instagramnya @luhut.pandjaitan, Sabtu (18/11/2023).

Menko Luhut yang masih di Singapura menyatakan bahwa ia meminta untuk semua pihak tidak mudah menjustifikasi seseorang dilihat dari kemampuannya. Menurut Luhut, jangan mudah menghakimi orang lain dan menyebut mereka sebagai ingusan atau penghianat. Menurutnya, tidak ada yang ingin menjadi penghianat.

Luhut juga menyampaikan bahwa berbeda pandangan politik merupakan hal yang wajar. Namun, pandangan politik tidak boleh berujung pada dendam dan permusuhan.

Luhut juga telah menyampaikan kepada Purnawirawan TNI agar tidak ikut dalam tingginya tensi imbas kontestasi politik 2024. Menurutnya, mereka harus dewasa karena rata-rata umur mereka sudah 70-an tahun, dan tidak perlu terlibat dalam perkelahian.

Luhut menekankan pentingnya memberikan masukan untuk membuat Indonesia lebih maju ke depan, daripada mencari-cari kesalahan dalam kesuksesan seseorang. Menurutnya, langkah rekonsiliasi antara Joko Widodo dengan Prabowo Subianto menjadi contoh untuk meredam kondisi politik yang sempat memanas pada 2019.

Luhut menyimpulkan dengan mengatakan bahwa tidak perlu berkelahi, dan bahwa rekonsiliasi antara Jokowi dan Prabowo telah menunjukkan hasil yang bagus.

Artikel ini ditulis oleh pgr/pgr.