portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya

Prabowo Subianto: SMA Taruna Nusantara Sebagai Pusat Kecemerlangan Indonesia

Prabowo Subianto: SMA Taruna Nusantara Sebagai Pusat Kecemerlangan Indonesia

Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, berbicara tentang visinya untuk SMA Taruna Nusantara (TN) di Magelang, Jawa Tengah. Saat mengunjungi sekolah pada Sabtu, 5 Februari, Menhan Prabowo menyatakan keinginannya untuk meningkatkan SMA TN menjadi setara dengan sekolah terbaik di dunia.

“Kami ingin menjadikan SMA Taruna Nusantara setara dengan sekolah terbaik dunia,” kata Prabowo, menekankan pentingnya lembaga pendidikan dalam menciptakan generasi yang unggul untuk bangsa.

Untuk mendukung visi ini, Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI telah mengalokasikan dana sebesar Rp1,4 triliun untuk membangun dan mengoperasionalkan SMA Taruna Nusantara Terintegrasi di enam lokasi, yaitu Cimahi, Malang, Maros, Tanah Datar, Ibu Kota Nusantara (IKN), dan Nusa Tenggara Timur.

Wakil Menteri Pertahanan RI, Letjen TNI (Purn.) M. Herindra, menjelaskan bahwa investasi ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, mendukung Visi Indonesia Emas 2045.

Pembangunan SMA Taruna Nusantara Terintegrasi telah dimulai di Cimahi dan Malang, dengan rencana operasional pada 2024. Saat ini, SMA TN Magelang telah menjadi pusat pendidikan unggulan, menerima 360 siswa dari 8.000 pendaftar setiap tahunnya.

Wamenhan Herindra menekankan bahwa pendidikan berkualitas dari SMA TN berperan penting dalam menghasilkan alumni yang dapat bersaing di tingkat nasional maupun global.

Ekspansi SMA Taruna Nusantara ini melibatkan pembangunan di IKN Kalimantan Timur, sebagai bagian dari pemerataan pendidikan di Indonesia.

“Ini adalah lanjutan dari groundbreaking sebelumnya di Cimahi. Pembangunan di IKN Kalimantan Timur, dan nanti di NTT,” ujar Muhammad Herindra.

Tujuan dari ekspansi ini adalah untuk memperluas akses pendidikan berkualitas di berbagai wilayah Indonesia, menyiapkan generasi muda yang berintegritas, pintar, dan cerdas untuk masa depan Indonesia Emas 2045.

SMA Taruna Nusantara, yang telah membangun reputasi melalui fokusnya pada nilai-nilai nasionalisme, prestasi akademik, dan kepemimpinan, kini menjadi model bagi pembangunan sekolah unggulan lainnya di Indonesia. Dengan pendekatan terintegrasi, SMA Taruna Nusantara di berbagai lokasi akan menghemat biaya dan memudahkan siswa untuk mengakses pendidikan berkualitas di wilayah mereka.

Menhan Prabowo Subianto berkomitmen untuk memastikan SMA Taruna Nusantara tidak hanya menjadi sekolah unggulan di Indonesia tetapi juga di kancah global, melalui pengembangan sumber daya manusia yang kompeten dan berwawasan luas. (SENOPATI)