portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya
Berita  

IKN Diinginkan Menjadi Pendorong Utama Menuju Transformasi Indonesia

Pembangunan Ibu Kota Nusantara diharapkan dapat menjadi lokomotif baru untuk transformasi Indonesia berbasis inovasi, teknologi, dan ekonomi hijau. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berupaya melibatkan masyarakat dalam pembangunan IKN melalui Temu Influencer bertema “Menengok Smart City Ibu Kota Nusantara” di Surabaya, Jawa Timur.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik menyatakan bahwa pembangunan IKN menunjukkan kebesaran bangsa Indonesia dengan hadirnya kota modern berstandar internasional. Selain itu, pemindahan IKN diharapkan dapat mempercepat pembangunan, pemerataan, dan pemberdayaan kawasan Indonesia Timur.

Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menjelaskan bahwa proses pembangunan IKN akan berlangsung dalam lima tahap hingga tahun 2045. Pembangunan IKN tidak hanya meliputi fisik, tetapi juga cara kerja, cara hidup, dan peradaban baru. IKN juga akan diatur sebagai smart city untuk mengatasi kemacetan dan memperhatikan daerah resapan air agar lebih berkelanjutan.

Diharapkan penetapan IKN dapat menjadi katalis untuk membuka pusat-pusat ekonomi baru di Pulau Kalimantan dan wilayah Indonesia Timur secara umum.

Exit mobile version