portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya

Menteri Pertahanan Prabowo Menerima Kunjungan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, Membahas Kerja Sama Pertahanan AS-Indonesia

Menteri Pertahanan Prabowo Menerima Kunjungan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, Membahas Kerja Sama Pertahanan AS-Indonesia

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto menerima kunjungan Menteri Pertahanan AS atau Secretary Of Defense Lloyd J Austin III di Kemhan, Jakarta, Senin (21/11).

Menurut Menhan Prabowo dalam konferensi pers setelah pertemuan tersebut, ini adalah pertemuan keempat mereka dalam dua tahun terakhir.

Pembicaraan antara kedua menteri berlangsung konstruktif. Ada beberapa poin yang dibahas terkait kerja sama pertahanan kedua negara seperti dalam bidang pendidikan prajurit TNI, peralatan pertahanan, dan pelatihan bersama.

“Dan saya merasa puas dengan kerja sama kedua negara hingga saat ini. Hubungan kedua negara telah berlangsung puluhan tahun dan berada dalam keadaan yang sangat baik,” kata Menhan Prabowo.

Menurut Menhan Prabowo, ada program bersama yang perlu diselesaikan terutama terkait penangkapan dan pemulangan tahanan perang (POW) dan tindakan yang hilang (MIA) di wilayah Indonesia.

“Kami berjanji untuk mempercepat ini dan kami ingin membantu mereka membawa pulang pahlawan mereka yang gugur,” katanya.

Sementara itu, Menhan Austin menekankan bahwa hubungan persahabatan antara AS dan Indonesia dalam bidang pertahanan yang telah berlangsung selama 70 tahun ini terus berkembang.

Dia juga menilai Indonesia telah menunjukkan kemampuannya untuk mempertahankan kedaulatan dan keamanan kawasan Indo-Pasifik.

“Amerika Serikat bangga bekerja sama dengan Anda untuk memastikan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” katanya.

Menhan Austin juga mengatakan akan memperdalam lagi kemitraan antara AS dan Indonesia.

“Dalam pertemuan ini kami membahas upaya untuk memperdalam kemitraan termasuk di dalamnya memperluas interoperabilitas, meningkatkan investasi di bidang pendidikan,” katanya. (SENOPATI)