portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya
Berita  

Pembangunan Infrastruktur Mendorong Produktivitas Petani

Pembangunan Infrastruktur Pertanian Upland Project Mendorong Ekonomi Petani

UPLAND Project Kementerian Pertanian mendorong pembangunan infrastruktur Jalan Usaha Tani (JUT) di sejumlah kelompok tani 13 Kabupaten. Program ini dianggap sebagai langkah strategis untuk mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa program JUT dilakukan untuk memudahkan akses petani dalam memperluas jalur distribusi pertanian, sesuai dengan tujuan utama meningkatkan kesejahteraan petani. Program JUT juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

JUT UPLAND ini ditujukan untuk kawasan pertanian seperti tanaman pangan, hortikultura, perkebunan rakyat, dan peternakan yang memperlancar mobilitas alat mesin pertanian (alsintan). Program ini menyasar untuk memudahkan proses pengangkutan sarana produksi atau hasil produk pertanian menuju lahan pertanian, tempat penyimpanan, tempat pengolahan, atau pasar.

Direktur Jenderal (Dirjen) PSP Kementan Ali Jamil mengatakan bahwa program JUT UPLAND sejak periode 2021-2023 mencapai 2.29 kilometer yang tersebar di 13 Kabupaten. Dia yakin bahwa pembangunan JUT dapat membantu petani mengembangkan budi daya pertanian sehingga tujuan pembangunan pertanian nasional tercapai.

Kementan juga menyebut terdapat tiga kriteria yang harus dipenuhi untuk mendapatkan program tersebut. Dengan memiliki fasilitas prasarana dan sarana pertanian yang baik, para petani dapat meningkatkan produktivitas dan meningkatkan perekonomiannya.

Exit mobile version