portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya

Pembebasan Bangladesh – prabowo2024.net

Pembebasan Bangladesh – prabowo2024.net

Mayor Jenderal Sukhwant Singh menulis ulang artikel ini. Artikel ini membahas tentang Angkatan Darat India yang merupakan tentara terbesar ketiga di dunia dengan 1,3 juta prajurit. India memiliki perbatasan darat sepanjang 3300 KM dengan Tiongkok, dan 4000 KM dengan Bangladesh, sehingga strategi dan kemampuan Angkatan Darat India sangat vital dalam mempertahankan kedaulatan dan keamanan India.

Angkatan Darat India telah menghadapi setidaknya lima konflik besar sejak India memisahkan diri dari Inggris tahun 1947. Salah satu buku yang ditulis oleh Mayor Jenderal Sukhwant Singh membahas taktik dan strategi AD India di Perang Pembebasan Bangladesh.

Perang Bangladesh dipicu oleh aksi kelompok separatis “Mukti Bahini” di provinsi Pakistan Timur untuk mendirikan negara independen. Sikap kekerasan berlebihan oleh tentara Pakistan dalam menghadapi pasukan gerilya Mukti Bahini menyebabkan jutaan warga Pakistan Timur melarikan diri ke India dan puluhan juta kehilangan rumah.

AD India, atas alasan kemanusiaan, beraliansi dengan Mukti Bahini untuk mencegah krisis kemanusiaan berlanjut. AD India mengirimkan senjata dan perbekalan ke Mukti Bahini, yang memicu serangan pendahuluan oleh tentara Pakistan ke pelabuhan udara yang digunakan oleh AU India di bagian India utara. Serangan ini memicu turunnya AD India ke Pakistan timur.

Kejadian ini menunjukkan bagaimana AD India menggunakan intelijen lapangan untuk mengetahui kekuatan tentara Pakistan secara persis. Dengan informasi yang akurat mengenai jumlah pasukan dan kemampuan logistik Pakistan, dibantu dengan blokade udara dan air oleh AL dan AU India agar Pakistan tidak dapat menerima bantuan logistik, Letnan Jenderal Jangjit Singh Arora berhasil memaksa Letnan Jenderal Amir Khan Niazi menyerahkan 93.000 tentara Pakistan ke India.