portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya
Berita  

Petani di Jateng Kesulitan Mendapatkan Pupuk Akibat Kartu Tani, Ungkap Sudaryono

Petani di Jateng Kesulitan Mendapatkan Pupuk Akibat Kartu Tani, Ungkap Sudaryono

Sabtu, 30 Desember 2023 – 09:04 WIB

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono mengatakan bahwa banyak petani sulit mendapat pupuk subsidi karena Kartu Tani adalah fakta yang terjadi di provinsi itu. Sudaryono mengungkapkan hal ini sebagai respon terhadap pernyataan Capres RI nomor urut 03 Ganjar Pranowo yang menyebut pihak yang bertanya terkait sulitnya akses pupuk di Jateng saat debat capres, tidak paham data.

“Para petani mengeluh sulit dapat pupuk subsidi karena Kartu Tani itu fakta di lapangan. Jadi, tidak perlu menuding pihak lain tak paham data,” ujarnya di Jakarta, Jumat (29/12).

Dia menyebutkan bahwa banyak petani di Jateng kesulitan mendapat pupuk bersubsidi dengan mekanisme Kartu Tani, terutama di Kabupaten Karanganyar dan Kota Tegal, Jawa Tengah.

Sudaryono juga mendapat informasi bahwa bulan lalu ratusan petani anggota Gapoktan Sedayu, Kecamatan Jumantono, Karanganyar, marah karena Kartu Tani tak bisa digunakan untuk menebus pupuk bersubsidi. Begitu pula dengan Gapoktan Akur Tani Jaya Kota Tegal yang anggotanya sulit mendapatkan pupuk bersubsidi karena tidak memiliki Kartu Tani.

Masalah Kartu Tani terjadi saat petani tidak bisa menebus pupuk bersubsidi meski mereka memiliki kartu dan terdata di Dinas Pertanian maupun pihak bank yang telah ditunjuk pemerintah.

Anda dapat membaca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News.