portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya

Good Neighbor Policy, Prabowo Ingin Indonesia Bersahabat dengan Semua Negara

Good Neighbor Policy, Prabowo Ingin Indonesia Bersahabat dengan Semua Negara

Jakarta – Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, berkeinginan agar Indonesia menjadi negara yang dapat bersahabat dengan semua pihak atau blok gerakan.
“Kami ingin menjadi tetangga yang baik, politik kami tidak ingin memiliki musuh, politik kami non-blok. Itu harus kami pertahankan dan lanjutkan,” kata Prabowo dalam pemaparannya di acara Trimegah Politik and Ekonomi Outlook 2024 di Jakarta, Rabu (31/1).
Ia menginginkan agar Indonesia terus mampu berdiri dan berjalan di antara konflik-konflik yang terjadi antar negara dan tetap menjalin hubungan baik dengan mereka.
“Kita teruskan Indonesia menavigasi di antara rintangan, di antara konflik-konflik Indonesia bersahabat dengan Tiongkok, Amerika, Malaysia, bersahabat dengan semua negara,” paparnya.
Prabowo optimis bahwa Indonesia mampu muncul sebagai pihak yang dapat diterima oleh semua blok di setiap negara.
Ia menjelaskan bahwa pendekatan politik luar negeri Indonesia adalah politik bebas aktif, dimana Indonesia sebagai negara mayoritas muslim yang menjadi pasukan PBB di Lebanon.
“Beberapa belas tahun yang lalu, Lebanon biasanya menolak pasukan PBB dari negara muslim. Mereka tidak pernah menerima Malaysia, Nepal (yang juga mayoritas muslim) sering tidak dapat didukung dalam posisi politik luar negeri,” ungkap Prabowo.
“Saya optimis bahwa di masa depan, kita akan melihat Indonesia menjadi faktor perdamaian,” tambahnya. (SENOPATI)
Sumber: https://prabowosubianto.com/good-neighbor-policy-prabowo-ingin-indonesia-bersahabat-dengan-semua-negara/

Source link