portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya

Survei Poltracking: Elektabilitas Prabowo-Gibran di Jatim Capai 60,1%, Tren Terus Naik

Survei Poltracking: Elektabilitas Prabowo-Gibran di Jatim Capai 60,1%, Tren Terus Naik

Jakarta – Elektabilitas Paslon capres dan cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Jawa Timur mencapai 60,1% dengan tren yang terus naik.

Hasil survei terbaru Poltracking Indonesia bertajuk ‘Peta Suara Pilpres di Provinsi Penentu: Siapa Pemenang di Jawa Timur?’ yang dirilis pada Selasa (6/2) mengungkapkan hal tersebut.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada tanggal 25-31 Januari, Prabowo-Gibran unggul dari dua pasangan lain, yaitu Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin, yang masing-masing memperoleh suara sebesar 17,2% dan 14,9%.

“Tren elektoral Prabowo Subianto di Jawa Timur terus mengalami kenaikan sejak Juni 2023. Kenaikan signifikan terjadi dari bulan September 2023 hingga Januari 2024 (19,5%), di mana dalam periode tersebut Prabowo Subianto dipastikan berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka,” tulis Poltracking Indonesia dalam hasil surveinya.

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa tren elektabilitas pasangan Anies-Muhaimin cenderung stabil, sementara pasangan 3, yaitu Ganjar-Mahfud mengalami penurunan.

Elektabilitas pasangan Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebar di wilayah Arek, Mataraman, Tapal Kuda, dan Pantura. Sementara itu, pemilih di Madura bersaing antara Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran.

Poltracking Indonesia melakukan survei di 11 Daerah Pemilihan (Dapil) DPR RI Jawa Timur dengan 8000 responden. Metode survei yang digunakan adalah stratified multistage random sampling dengan margin of error +/- 1,1% pada tingkat kepercayaan 95%.

Pengambilan sampel di setiap dapil memperhatikan keterwakilan seluruh kecamatan yang ada di dapil tersebut sambil mempertimbangkan proporsi DPT di setiap kabupaten/kota. (SENOPATI)

Source link