portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya

Prabowo Subianto Dapat Ucapan Selamat sebagai Presiden Terpilih dari Menlu AS Blinken

Prabowo Subianto Dapat Ucapan Selamat sebagai Presiden Terpilih dari Menlu AS Blinken

Jakarta – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) atau Sekretaris Negara Anthony J Blinken memberikan selamat kepada Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih Indonesia dalam pemilihan presiden 2024.

Ucapan dari Blinken ini dirilis dalam pernyataan pers yang dikeluarkan pada Rabu (20/3) di situs resmi Departemen Luar Negeri AS.

“Kami memberikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto atas kemenangannya,” ujar Blinken.

“Dengan sekali lagi memuji rakyat Indonesia atas partisipasi pemilih yang tinggi dan komitmen yang kuat terhadap demokrasi dan supremasi hukum,” lanjutnya.

Blinken juga menegaskan bahwa AS dan Indonesia telah menjalin hubungan diplomatik selama 75 tahun yang didasarkan pada demokrasi dan pluralisme. Ia menyebut Indonesia sebagai mitra dan teman yang dekat, yang bekerja sama untuk memberikan masa depan yang lebih baik bagi rakyat masing-masing.

“Kami berharap dapat bekerja sama erat dengan Presiden terpilih Subianto dan pemerintahannya saat mereka mulai menjabat pada bulan Oktober,” kata Blinken.

Sebelumnya, Prabowo menerima ucapan selamat dari Presiden AS Joe Biden pada 14 Maret melalui surat resmi yang disampaikan oleh Dubes AS untuk ASEAN Yohannes Abraham.

“Hari ini, Rabu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan rekapitulasi nasional perolehan suara Pemilihan Presiden 2024 dan menetapkan pasangan nomor urut 2, Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pemilihan Presiden 2024. Hasil Pemilu 2024 didasarkan pada berita acara KPU nomor 218/PL.01.08-BA/05/2024.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, Prabowo-Gibran memenangkan suara sah sebanyak 96.214.691 dari total suara sah nasional sebanyak 164.227.475. Pasangan ini unggul di 36 provinsi. (SENOPATI)

Sumber: https://prabowosubianto.com/prabowo-subianto-dapat-ucapan-selamat-sebagai-presiden-terpilih-dari-menlu-as-blinken/

Source link