portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya
Berita  

Jokowi dan Prabowo Dinilai dapat Memperkuat Koalisi Pemerintahan yang Baru

Jokowi dan Prabowo Dinilai dapat Memperkuat Koalisi Pemerintahan yang Baru

Senin, 29 April 2024 – 00:46 WIB

Jokowi dan Prabowo Subianto berbincang di Istana. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA – Direktur Eksekutif Survey and Polling Indonesia (Spin) Igor Dirgantara mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa dijadikan panutan bagi presiden terpilih Prabowo Subianto dalam mengelola koalisi di pemerintahan.

Hal itu terlihat dari kesuksesan Jokowi yang dianggap memiliki peran sentral dan kemampuan dalam menjaga soliditas partai koalisi. Menurut Igor, soliditas koalisi sangat penting dalam mendukung program-program strategis pemerintahan ke depan. Oleh karena itu, dukungan Jokowi sangat membantu dalam mengelola kekuatan politik di kepemimpinan Prabowo.

“Tak hanya bisa menyeimbangi oposisi, tetapi bisa mengatasi oposisi. Itu poinnya,” ujar Igor, Minggu (28/4/2024).

Igor menyarankan Prabowo Subianto segera membentuk koalisi yang kuat dan mengonsolidasi dukungan baik dari koalisi partai pendukung saat pilpres, maupun dari partai lawan yang berpotensi mengalihkan dukungan, demi memperkuat koalisi di pemerintahan.

“Prabowo harus memperkuat koalisi partai pendukung saat pilpres, mengonsolidasi koalisi partai di DPR, dan koalisi di kabinet pemerintahan,” ujar Igor.

Direktur Eksekutif Spin Igor Dirgantara mengatakan Presiden Jokowi bisa dijadikan panutan bagi Prabowo dalam mengelola koalisi di pemerintahan ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News