portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya
Berita  

Kementerian Kominfo Melaksanakan Arahan Presiden dalam Mengantisipasi Kebocoran Data NPWP

Kementerian Kominfo Melaksanakan Arahan Presiden dalam Mengantisipasi Kebocoran Data NPWP

Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi terkait kebocoran data NPWP

jpnn.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika segera menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta mengantisipasi kebocoran data 6 juta NPWP agar tidak terulang kembali.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa mereka telah mengirimkan surat kepada Kementerian Keuangan terkait kebocoran data 6 juta NPWP itu sejak pertengahan September.

“Sesuai dengan kewenangan yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan, Kementerian Kominfo telah mengirimkan surat permintaan klarifikasi kepada DJP Kementerian Keuangan pada tanggal 18 September 2024 terkait dengan dugaan kebocoran data pribadi,” kata Budi Arie Setiadi kepada wartawan, Kamis (26/9).

Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Kementerian Keuangan, Kominfo, dan BSSN untuk melakukan mitigasi terkait kebocoran data 6 juta NPWP yang diyakini berisi data sejumlah elit dan pejabat tinggi di Indonesia termasuk Presiden Joko Widodo.

Dia mengatakan bahwa proses klarifikasi masih terus dilakukan dan proses mitigasi kebocoran 6 juta data NPWP itu dilakukan bekerja sama dengan instansi terkait.

“Pada saat yang bersamaan, upaya mitigasi dan tindak lanjut terus dilakukan bersama dengan BSSN dan Kepolisian RI,” katanya.

Sebanyak 6 juta data NPWP diduga bocor dan dijual di Breach Forum. NPWP milik tokoh-tokoh penting telah diidentifikasi dalam data tersebut.

Adapun, dugaan kebocoran data ini disampaikan langsung oleh pendiri Ethical Hacker Indonesia Teguh Aprianto dalam postingan di media sosial pribadinya @secgron pada Rabu (18/9). (cuy/jpnn)

Kementerian Komunikasi dan Informatika menindaklanjuti arahan dari Presiden Jokowi terkait kebocoran data NPWP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terima kasih.