portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya
Berita  

Resmi Diresmikan Bendungan Karian di Lebak oleh Presiden Jokowi dengan Biaya Pembangunan Rp 2,2 Triliun

Presiden Jokowi meresmikan pembangunan Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, Banten. Bendungan ini, yang mulai dibangun sejak tahun 2015, menelan anggaran sebesar Rp 2,2 triliun. Dalam sambutannya saat peresmian, Jokowi menyebutkan bahwa Bendungan Karian, yang terletak di Desa Pasirtanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, memiliki volume tampungan sebesar 315 juta meter kubik dan luas genangan seluas 1.777 hektare. Bendungan ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Pembangunan Bendungan Karian diharapkan dapat memberikan manfaat dalam hal irigasi seluas 22.000 hektare sawah, memenuhi kebutuhan air baku bagi masyarakat Kota Serang, Kota Cilegon, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Serpong, Kabupaten Lebak, serta wilayah barat Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat, serta untuk pengendalian banjir di Kabupaten Serang dan Jakarta. Selain itu, Bendungan Karian diharapkan juga dapat menghasilkan listrik sebesar 1,8 MW bagi 10.000 kepala keluarga.

Presiden Jokowi berharap bahwa pembangunan Bendungan Karian ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitarnya.

Exit mobile version