portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya
Berita  

Kementerian Agama Mencatat Rekor MURI untuk Pengukuran Arah Kiblat dengan Lokasi Terbanyak

Kementerian Agama (Kemenag) berhasil memecahkan rekor MURI dalam kategori pengukuran arah kiblat secara serentak dengan lokasi terbanyak. Foto: dok Kemenag

jpnn.com, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk kategori pengukuran arah kiblat secara serentak dengan lokasi terbanyak.

Rekor ini melibatkan 1.048.575 partisipan di 30 provinsi di seluruh Indonesia. Prestasi ini dianggap luar biasa.

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Hari Sejuta Kiblat di Auditorium Kantor Kemenag RI, Jakarta Pusat, pada Senin (27/5/2024).

Tim Rekor MURI telah memverifikasi kegiatan pengukuran arah kiblat serentak dan memberikan piagam penghargaan kepada Menteri Agama, yang diwakili oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib. Turut hadir Kasubdit Hisab Rukyat dan Syariah, Ismail Fahmi.

“Acara Hari Sejuta Kiblat berhasil melampaui target yang telah ditetapkan, dengan jumlah partisipan mencapai 1.048.575 di seluruh Indonesia,” ujar Adib.

Pada Hari Sejuta Kiblat yang diselenggarakan oleh Kemenag, umat Muslim di berbagai wilayah melakukan pengukuran arah kiblat secara bersamaan.

Pengukuran dilakukan pada hari itu pukul 16.18 WIB, sesuai dengan peristiwa Rasdhul Qiblah, yaitu ketika matahari tepat berada di atas Ka’bah sehingga bayangan benda lurus menuju arah kiblat.

Pencapaian rekor MURI bukanlah tujuan utama, namun yang lebih penting adalah kehadiran Kemenag dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News.

Exit mobile version