portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya
Berita  

Warga Jawa dan Madura Saling Mendukung Khofifah-Emil pada Pilgub 2024

Sabtu, 21 September 2024 – 21:30 WIB

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai pasangan cagub-cawagub Jawa Timur. Dok: sumber JPNN.

jpnn.com, SURABAYA – Peluang kemenangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dalam Pilgub Jawa Timur terbuka lebar. Hal ini dikarenakan kepastian pilihan masyarakat suku Jawa dan Madura yang lebih mayoritas memilih Khofifah-Emil daripada kandidat lain.

“Dari segi dukungan, Khofifah memang terlihat unggul dibandingkan Risma bahkan Luluk, dengan komposisi dukungan dari kalangan Nahdliyyin,” ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah Putra, Sabtu (21/9).

Dilihat dari hasil survei Poltracking Indonesia periode 4-10 September 2024, Khofifah-Emil mendapat banyak dukungan dari suara pemilih suku Jawa dengan elektabilitas 54,9 persen. Lebih besar lagi dari masyarakat suku Madura yang mencapai 70,8 persen.

Sementara itu, dua pesaingnya Tri Rismaharini-Zahrul Azhar memiliki elektabilitas 24,2 persen dari suku Jawa dan 12,4 persen dari suku Madura.

Sedangkan pasangan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakum meraih angka 1,9 persen dari suku Jawa dan 4,4 persen dari suku Madura.

Dia menilai kekuatan elektabilitas Khofifah-Emil tentu semakin kuat berkat dukungan dari berbagai kalangan. Hal ini membuat Ketua Umum PP Muslimat NU semakin diidamkan oleh seluruh elemen untuk memimpin Jawa Timur ke depan.

“Khofifah mendapat tambahan kekuatan dari kalangan NU yang saat ini tampaknya mendukung Khofifah,” ujarnya.

Lebih dari itu, komitmen dukungan yang jelas sudah terlihat dari warga Nahdlatul Ulama (NU) kepada Khofifah-Emil.

Pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak mendapat dukungan penuh dari warga Jawa Timur dan Madura.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News.

iframe (links)

Exit mobile version