portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya

Pengamat Hubungan Internasional Sebut Prabowo Subianto Buat RI jadi Negara Paling Konkret Bantu Gaza

Pengamat Hubungan Internasional Sebut Prabowo Subianto Buat RI jadi Negara Paling Konkret Bantu Gaza

Jakarta – Pengamat Hubungan Internasional Profesor Hikmahanto Juwana mengapresiasi tindakan nyata pemerintah Indonesia melalui Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam membantu mengatasi keadaan darurat di Gaza, Palestina, yang menurutnya membuat Indonesia menjadi negara yang paling konkret dalam membantu Gaza.

Hal ini terlihat dari pidato tegas Prabowo dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) darurat untuk Gaza beberapa waktu lalu di Amman, Yordania. Berbeda dengan negara lain yang ikut dalam KTT ini, Hikmahanto menyatakan bahwa sikap Indonesia paling konkret dan berani dibanding yang lain.

Hikmahanto menyebutkan bahwa Indonesia tidak hanya berbicara, tetapi juga memberikan aksi nyata dengan rencana menampung 1.000 pasien dan 1.000 siswa untuk dirawat dan bersekolah di Indonesia. Hal ini dapat membuat AS dan Israel merasa khawatir.

“Ia melanjutkan, rencana aksi tersebut diyakini dapat menekan Israel maupun sekutunya Amerika Serikat untuk menghentikan aksi genosida.

Hikmahanto berharap langkah konkret pemerintah Indonesia melalui Prabowo di forum KTT Yordania ini dapat diikuti oleh negara-negara lain.

“Saya berharap apa yang dilakukan oleh Pak Prabowo akan membentuk koalisi kemanusiaan. Yang dibutuhkan oleh dunia untuk menghentikan Israel adalah kemanusiaan. Saya yakin, jika kita berbicara mengenai kemanusiaan, banyak pihak akan mendukungnya,” harapnya.

Source link