portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya
Berita  

Kemendikbudristek dan Bappenas Menggelar Akad Ijab Kabul untuk Mendorong Kemajuan Kebudayaan

Pekan Kebudayaan Nasional 2023 secara resmi telah dibuka. Sebelum acara dimulai, Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang digagas oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek telah melakukan kegiatan Musrembang bersama Bappenas di Ruang Tamu di Gedung Galeri Nasional pada Jumat, 20 Oktober 2023. Kegiatan tersebut juga merupakan penanda resmi Puncak PKN 2023.

Acara PKN dimulai pada tanggal 20 Oktober di Gedung Galeri Nasional, Jakarta, dan berlangsung hingga tanggal 29 Oktober. Kegiatan ini diadakan di 40 titik di Jabodetabek dan melibatkan 450 event dengan partisipasi 800 pelaku budaya.

Sebelum rangkaian acara PKN dimulai, Bappenas membuka ruang tamu Pekan Kebudayaan Nasional. Kegiatan tersebut dimulai dengan Akad Ijab Kabul antara Kemdikbudristek dan Bappenas sebagai upaya untuk menjadikan kebudayaan sebagai paradigma utama dalam perencanaan pembangunan.

Akad ijab kabul tersebut merupakan langkah awal bagi para pelaku budaya dalam musrembang untuk mendorong kemajuan kebudayaan di tanah air. Pemilihan gedung Bappenas sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini dinilai strategis dalam penyusunan perencanaan pembangunan.

Gedung itu juga menjadi tempat untuk merayakan panen raya kerja-kerja kebudayaan, sebagai referensi dalam menyusun perencanaan pembangunan ke depan.

Isma Ismail Hasani, seorang pegiat dan pelaku budaya, menyatakan bahwa diadakannya Akad Ijab Kabul ini adalah langkah awal untuk duduk bersama dengan pemangku kebijakan dari Bappenas dan Kemendikbudristek. Langkah ini bertujuan untuk melaksanakan perkembangan dan mengutamakan pemajuan kebudayaan pembangunan.

Kegiatan PKN dimulai dengan Akad Ijab Kabul antara Kemdikbudristek dan Bappenas sebagai upaya untuk menjadikan kebudayaan sebagai paradigma utama dalam rencana pembangunan.

Sumber: JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News