portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya
Berita  

DPR Akan Membahas Netralitas TNI terkait Calon Panglima TNI

Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani akan mengawasi dan bertanya tentang aspek netralitas TNI kepada Jenderal Agus Subiyanto yang hari ini menghadapi uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon Panglima TNI.

Menurut Christina, netralitas TNI belakangan ini menjadi perbincangan publik yang ramai, sehingga harus benar-benar dijalankan.

“Setidaknya kami menangkap adanya kekhawatiran di masyarakat mengenai netralitas aparat pada pemilu besok. Maka, kami akan menggali masalah ini lebih dalam untuk memastikan komitmen yang lebih dari calon Panglima TNI sehingga tidak ada lagi keraguan di masyarakat,” ungkap Christina kepada wartawan, Minggu (12/11).

Christina menekankan bahwa DPR RI, khususnya Komisi I, sangat memperhatikan isu netralitas aparat khususnya TNI agar dapat memastikan agar Pemilu 2024 tetap berjalan secara demokratis, aman, dan damai.

“Siapa pun kontestannya tentu harus patuh dan taat agar tidak melibatkan TNI dalam politik praktis,” tegasnya.

Komisi I DPR RI akan mengadakan fit and proper test Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto pada Senin, 13 November 2023 hari ini. Agus diusulkan oleh Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Panglima TNI mengingat Laksamana Yudo Margono segera memasuki masa pensiun.

Berdasarkan informasi dari Humas Setjen DPR RI, Komisi I DPR akan menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.