portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya
Berita  

Pengalaman Kunjungan ke PNM Membuat ACO Tertarik dengan Pemberdayaan Perempuan Mekaar Di Malaysia

Organisasi Kerja Sama ASEAN (ACO) yang diwakili oleh ANGKASA dan Koperasi Pembiayaan Syariah Angkasa Berhad (KOPSYA Angkasa) Malaysia telah berkunjung ke PNM. Foto: dok PNM jpnn.com, JAKARTA – Organisasi Kerja Sama ASEAN (ACO) yang diwakili oleh ANGKASA dan Koperasi Pembiayaan Syariah Angkasa Berhad (KOPSYA Angkasa) Malaysia terus menjalin hubungan baik sebagai sesama penyalur pembiayaan. Mereka mewujudkan upaya itu melalui melakukan studi banding ke PNM pada Selasa, 9 Januari 2024.

Tak hanya berkunjung, ANGKASA dan KOPSYA Angkasa juga berbagi insight terkait model bisnis group lending tanpa jaminan bagi perempuan prasejahtera yang telah sukses dijalankan oleh PNM. ANGKASA adalah wadah bagi berkumpulnya gerakan koperasi di Malaysia. Adapun KOPSYA Angkasa adalah koperasi sekunder di Malaysia yang merupakan koperasi dengan peringkat 21 terbesar di Malaysia. Sebanyak 23 perwakilan delegasi dari Malaysia tersebut tertarik dengan program pembiayaan sekaligus pemberdayaan yang dilakukan oleh PNM hingga sukses menyalip Grameen Bank di Bangladesh. Apalagi nasabah binaan PNM lewat program Mekaar seluruhnya merupakan perempuan.

Direktur Operasional, Digital, dan Teknologi Informasi PNM Sunar Basuki menyatakan salah satu keunikan dari produk PNM Mekaar adalah social re-engineering yang terjadi di ekosistem pembiayaan PNM. “Bagaimana kelompok-kelompok itu kita doktrin untuk bisa menjalankan usaha dengan asas jujur disiplin kerja keras, agar secara kelompok maju bersama dan bisa masuk perbankan,” jelas Sunar di Menara PNM pada Selasa, (9/1). ASEAN Cooperative Organization (ACO) yang diwakili oleh ANGKASA dan Koperasi Pembiayaan Syariah Angkasa Berhad (KOPSYA Angkasa) Malaysia berkunjung ke PNM Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News