portaldetik.net membahas berita terkini, terupdate dari kriminal, olahraga,artis, politik, dan lainnya
Berita  

Kenali Gejala Limfoma Hodgkin, Pasien Banyak Terkecoh dan Akibatnya Berujung Fatal

Kenali Gejala Limfoma Hodgkin, Pasien Banyak Terkecoh dan Akibatnya Berujung Fatal

Kamis, 26 September 2024 – 23:20 WIB

Dr. dr. Andhika Rachman, SpPD-KHOM, seorang pakar hematologi-onkologi dalam acara edukasi “Kenali Limfoma Hodgkin” yang diselenggarakan oleh PT Takeda Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan pada Kamis (26/9). Foto Mesya/JPNN

jpnn.com, JAKARTA – Limfoma Hodgkin dapat disembuhkan jika dikenali sejak dini dan diobati secara terus-menerus.

Limfoma Hodgkin adalah penyakit yang sering tidak terdiagnosis dengan benar hingga mencapai tahap lanjut. Oleh karena itu, penting untuk memberikan edukasi tentang pentingnya deteksi dini, serta dukungan bagi pasien yang sedang berjuang melawan kanker ini.

“Di Indonesia, kesadaran tentang Limfoma Hodgkin masih sangat rendah,” kata Dr. dr. Andhika Rachman, SpPD-KHOM, seorang pakar hematologi-onkologi dalam edukasi “Kenali Limfoma Hodgkin” yang diselenggarakan oleh PT Takeda Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan pada Kamis (26/9).

Beliau menjelaskan bahwa gejala Limfoma Hodgkin yang tidak spesifik sering kali membuat penyakit ini sulit dikenali, dan banyak pasien baru menyadari bahwa mereka menderita kanker setelah penyakit mencapai tahap lanjut.

Oleh karena itu, penting untuk menyediakan sarana untuk mengungkapkan kebutuhan pengelolaan dan harapan para pasien yang berjuang melawan penyakit ini.

“Limfoma adalah salah satu jenis kanker yang menyerang sistem limfatik, bagian penting dari sistem kekebalan tubuh manusia,” ujarnya.

Ada dua jenis utama limfoma, yaitu Limfoma Hodgkin dan non-Hodgkin.

Kenali gejala Limfoma Hodgkin sejak dini akan menyelamatkan pasien dari kanker stadium 4

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News